Rabu, 21 September 2022

Kodim 0429/Lamtim Laksanakan Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup TA. 2022



WartaPramudya--LAMPUNG TIMUR, Kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Kodim 0429/Lamtim bertempat di Bumi Perkemahan Lembah Tirta Barata, Desa Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (21/9/2022).

Hadir dalam kegiatan Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi Indra Puji Triwanto, SH, Danramil 429-12/Batanghari Kapten Inf. Jumingan, Pasi Ter Kodim 0429/Lamtim Lettu Kav. Afrizal, Danramil 429-13/Metro Kibang Letda Inf. Wahyudi, Kapolsek Metro Kibang Akp M. Sugeng, Sekcam Panji, Kades Margototo Sukendar, anggota Pramuka dari MTS  Nahdlatul Fata dan warga masyarakat.

Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH menyampaikan, kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang dilaksanakan merupakan program rutin setiap tahun yang ada di Kodim 0429/Lamtim.

"Pada Tahun 2022 merupakan tahap ketiga dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, dimana pada Triwulan I Tahun 2020 Negara kita ikut terdampak pandemi Covid-19. Sehingga mengakibatkan pengelolaan dan pengawasan terhadap lingkungan mengalami kendala", ujar Dandim.



"Sehingga pada Tahun 2021 banyak terjadi bencana alam diantaranya banjir, tanah longsor dan lainnya yang diakibatkan oleh terganggunya ekosistem alam sekitar. Memperhatikan hal ini maka Pemerintah telah melakukan langkah langkah korektif sebagai upaya untuk meningkatkan pengelolaan hutan beserta ekosistemnya secara berkelanjutan sebagai tindakan pencegahan dini untuk meminimalkan resiko terjadinya bencana alam yang diakibatkan oleh kelalaian ataupun kesengajaan oleh manusia dalam merusak ekosistem alam dan sumber daya alam sekitarnya".

"Program pembinaan lingkungan hidup yang kita laksanakan ini juga merupakan suatu wujud kepedulian TNI terhadap lingkungan di wilayah, dengan tujuan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam, melakukan antisipasi dini guna mencegah semaksimal mungkin kerugian yang akan ditimbulkan bila terjadi bencana alam. Hal ini tercantum dalam tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah membantu menanggulangi bencana alam (UU No. 34/2004, pasal 7 ayat 2)".

Diakhir sambutanya Dandim menegaskan, "secara umum tujuan kegiatan ini adalah Membantu program pemerintah dalam mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup, keseimbangan antara manusia dengan alam", pungkas Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH.

Selain penyerahan pohon secara simbolis oleh Dandim kepada Sekcam Metro Kibang, dilaksanakan juga penanaman sebanyak 150 batang pohon ketapang dan 50 batang pohon alpukat.(tmsp)