Friday, May 20, 2022

Kebangkitan Intelektual di Lampung Timur

Ket Foto : Muklasin, S Kom


WartaPramudya, Membaca sejarah, Kebangkitan Nasional Indonesia adalah periode pada paruh pertama abad ke-20 di Nusantara, ketika rakyat Indonesia mulai menumbuhkan rasa kesadaran nasional sebagai orang Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Budi Utomo (20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).

Ada dua faktor yang mendorong lahirnya kebangkitan nasional pada masa itu, faktor eksternal dan internal.

Faktor internal yakni  penderitaan yang berkepanjangan akibat penjajahan; kenangan kejayaan masa lalu, seperti pada masa Kerajaan Sriwijaya atau Majapahit; dan  munculnya kaum intelektual yang menjadi pemimpin gerakan. 

Sedangkan faktor eksternalnya yakni timbulnya paham-paham baru di Eropa dan Amerika seperti nasionalisme, liberalisme, dan sosialisme;  munculnya gerakan kebangkitan nasional di Asia seperti Turki Muda, Kongres Nasional India, dan Gandhisme; dan  kemenangan Jepang atas Rusia pada perang Jepang-Rusia yang menyadarkan negara-negara di Asia untuk melawan negara barat.

Sejak 1959, tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional, disingkat Harkitnas, yaitu hari nasional yang bukan hari libur yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Kebangkitan Nasional Indonesia.

Menurut penulis, Hari Kebangkitan Nasional (Harkitkas) 2022 yang diperingati pada hari ini, Jumat (20/5/2022), harus terus menjadi kesadaran bersama rakyat Indonesia untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, meningkatkan persatuan dan kesatuan dan solidaritas sesama anak bangsa.

Kabupaten Lampung Timur merupakan salah satu daerah agraris yang maju di provinsi Lampung. Kabupaten Lampung Timur  dijuluki dengan Bumi Tuah Bepadan, maka dari itu, menurut penulis,  pemerintahan kabupaten Lampung Timur perlunya fokus dan serius dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menunjang serta menjangkau potensi daerah di kawasannya.

Untuk itu, perlunya Pemerintahan kabupaten Lampung Timur berkolaborasi dengan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang ada di wilayahnya. 

Sehingga perguruan tinggi yang berada di kabupaten Lampung Timur dapat ikut berperan serta membangun sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada.

Karena kampus dan organisasi kepemudaan pun tengah terus berkembang di beberapa wilayah Lampung Timur.

Dengan demikian, pemuda dan mahasiswa bisa turut serta membangun daerahnya. 

Modal sosial semangat pembawa perubahan pemuda dan mahasiswa ini jangan sampai luput begitu saja.

Selamat Hari Kebangkitan Nasional


Penulis: Muklasin, S Kom

(Alumni UNU Lampung & Formatur/Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Lampung Timur)