Senin, 22 November 2021

Personil Kodim 0429/Lamtim Ikuti Latguncal Korem 043/Gatam



WartaPramudya--Lampung Timur,  Sebanyak 10 personil Babinsa Kodim 0429/Lamtim mengikuti kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Lat Gulbencal) yang diselenggarakan oleh Korem 043/Gatam TA. 2021, bertempat di Markas Bataliyon 143/TWEJ, Senin (22/11).

Pelatihan yang berlangsung dari Tanggal 22 sampai 26 November 2021 tersebut sesuai dasar Surat Perintah Danrem untuk melibatkan Jajaran Kodim yang berada pada Korem 043/ Gatam.

Selain Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, turut hadir Para Kasi Korem 043/Gatam, Danyonif 143/Twej, perwakilan dari BPBD Prov. Lampung dan perwakilan dari Basarnas Prov. Lampung dan perwakilan Babinsa dari Kodim jajaran Korem 043/Gatam.

Danrem Brigjen TNI Drajad Brima Yoga, S.I.P., M.H, menyampaikan bahwa latihan penanggulangan bencana alam di wilayah Korem 043/Gatam ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan satuan.

Selain itu, unsur wilayah dalam rangka menanggulangi bencana alam yang sewaktu-waktu terjadi di wilayah, termasuk menyiapkan dan menyiagakan sarana/prasarana yang dibutuhkan guna mengantisipasi terjadinya bencana alam.

“Adanya perubahan iklim yang ekstrim di wilayah saat ini, dapat menimbulkan ancaman terjadinya bencana banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, kesiapsiagaan dan kecepatan bertindak dalam rangka membantu penanggulangan bencana tersebut sangat diperlukan,” terangnya.

“Guna memelihara kesiapsiagaan itulah, maka hari ini kita melakukan kegiatan latihan sampai beberapa hari ke depan, sebagai bentuk upaya dalam rangka mempersiapkan diri dan satuan terhadap kemungkinan yang akan terjadinya bencana alam tersebut,” pungkas Danrem.

Terpisah Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menyampaikan terima kasih kepada Korem 043/Gatam yang telah melaksanakan kegiatan latihan Latguncal."Hal ini menjadi keberuntungan tersendiri di mana kami diberikan materi baik teori maupun praktek sehingga bisa belajar dengan benar," katanya.

Pria Alumni Akmil 2001 ini juga berpesan kepada Anggotanya agar serius dalam melaksanakan latihan sehingga didapatkan ilmu yang bermanfaat.

"Kepada Anggota khususnya perwakilan Babinsa Kodim 0429/Lamtim supaya mengikuti dengan seksama sehingga ilmu yang didapat bisa diaplikasikan saat benar-benar terjadi bencana," jelasnya.(tmsp)