Jumat, 08 Oktober 2021

Dandim 0429/Lamtim Hadiri Rakor Percepatan Vaksinasi Kabupaten Lampung Timur



WartaPramudya--Lampung Timur, Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menghadiri Rapat Koordinsi (Rakor) percepatan vaksinsi Covid-19, bertempat di Aula Utama, Pemkab Lamtim, Jl. lintas Sumatera, Desa Sukadana, Jum'at (8/10/2021).

Turut hadir, Wakil Bupati Azwar Hadi, Kapolres Lampung Timur AKBP. Zaky Alkazar Nasution SH.M.H, Kabagops Polres AKP. Heru Sulistiyonanto SH MH, Kasi intel Kajari Lamtim M. A. Qodri, Kadis Kesehatan Dr. Nanang Salman Saleh, Direktur RSUD Sukadana Dr. Wayan, Dinas PMD Lamtim Suswanto Dinas pendidikan dan kebudayaan Syamsul Bahri SH serta Plt. BPBD Ketut Budiase.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Lamtim Azwar Hadi menyampaikan selama ini TNI-Polri yang terus aktif menggelar serbuan vaksinasi. "Sehingga hinga sampai dengan saat ini Lamtim baru 15 % warga yang sudah melaksanakan vaksinasi", ungkapnya.

"Selain butuh stok vaksin yang banyak kita semua harus terlibat dan bekerjasama sampai tingkat yang terendah yaitu kepala desa. Kadis PMD harus lebih aktif memerintahkan kepada seluruh Kades supaya terus memberikan himbauan kepada warganya untuk di vaksin."terangnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menyampaikan bahwa target sampai dengan akhir Desember 2021 masyarakat Lampung Timur yang harus tervaksin 70-90 % bukan hal yang mudah. "Tapi saya sangat yakin semua akan terealisasi jika kita bekerjasama", jelas Dandim.

"Untuk memenuhi target kita harus membuat konsep termasuk mengadakan evaluasi berkala setelah pelaksanaan serbuan vaksinasi satu pintu berjalan apakah kuota perhari yang di bebankan ke masing-masing desa/ Puskesmas  bisa tercapai atau tidak sehingga kekurangan tersebut bisa segera ada solusinya".

"Kami Kodim 0429/Lamtim siap mendukung penuh percepatan vaksinasi sesuai dengan arahan Presiden RI dan Panglima TNI sehingga target vaksinasi akhir Desember 2021 khusunya Kabupaten Lampung Timur bisa tercapai", pungkas Dandim.

Sementara Kadiskes Lamtim Dr. Nanang Salman Shaleh menambahkan vaksinasi kepada masyarakat di Lampung Timur masih rendah yang disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pasokan vaksin dari pemerintah pusat diterima secara bertahap. Sehingga dari total target 830.734 jiwa saat ini baru berjumlah 126.419 tahap I dan 57.859 tahap II atau baru 15,2 %.

Kedepan serbuan vaksinasi ini terus berlanjut,  Pemkab Lamtim juga selalu berupaya untuk mendapatkan tambahan stok dari pusat. "Kita akan mendapatkan tambahan vaksinasi 100 ribuan dosis tapi kita harus menghabiskan stok yang sudah ada", jelasnya.