Jumat, 18 Juni 2021

GANN Lamtim Terus Sosialisasikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba



WartaPramudya--Sekampung Udik, Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Kabupaten Lampung Timur(Lamtim) melakukan sosialisasi tentang penyalahgunaan narkoba di sekretariat GANN Lamtim di Sekampung Udik, Jumat (18/6/2021).

Pada kesempatan tersebut Ketua GANN Lampung Timur Anwar Saleh memaparkan beberapa nasehat dan resiko terhadap penyalahgunaan narkoba khususnya tentang penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai orang tua.

“Ada banyak bahaya narkoba bagi pelajar. bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari merusak masa depan hingga mengancam kesehatan tubuh, baik dalam jangka pendek, maupun jangka panjang.” terang Anwar Saleh didampingi jajaran devisi GANN Lamtim.

Sebagai orang tua, dia juga menyarankan untuk memahami beragam bahaya narkoba bagi kesehatan supaya bisa menyampaikannya kepada anak-anak. Dengan ini, berbagai dampak narkoba yang buruk ini bisa dicegah.

“Bahaya narkoba bagi remaja dapat merusak masa depannya, bantulah anak-anak kita untuk memahami bahaya narkoba,” imbuhnya.

Dia juga menerangkan bahwa rasa penasaran, tekanan dari teman sepermainan, perasaan stres, dan keinginan untuk melarikan diri adalah segelintir faktor yang bisa menyebabkan pelajar tergiur menyalahgunakan narkoba.

“Bahaya narkoba bagi pelajar dalam jangka pendek obat-obatan adalah komponen kimia yang dapat berdampak pada pikiran dan tubuh.” katanya.

"Efeknya tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis obat, dosis, dan cara mengonsumsinya. Mengonsumsi obat apa pun, bahkan dalam dosis yang sedang atau sesuai resep dokter,dapat menyebabkan efek jangka pendek", terangnya

Masih kata Anwar, "Sejumlah dampak narkoba jangka pendek yang bisa muncul, seperti perubahan nafsu makan, tidak bisa tidur atau insomnia, detak jantung meningkat, Berbicara menjadi tak jelas, perubahan kemampuan kognitif, rasa euforia sementara, hilangnya koordinasi bagian tubuh".

"Selain membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik, bahaya narkoba bagi remaja juga bisa merugikan kehidupan sosial, sepert,masalah hubungan,buruknya performa akademis atau kerja Sulit menjaga kebersihan tubuh, penurunan berat badan ekstrem,meningkatnya perilaku impulsif, hilangnya ketertarikan terhadap aktivitas menyenangkan",Lanjutnya

Anwar Saleh juga menjelaskan bahqa bahaya narkoba bagi pelajar dalam jangka panjang tentunya mengancam kesehatan penggunanya bahkan, penggunaan obat-obatan kronis dapat mengubah struktur dan fungsi otak.

Dijelaskannya juga bahwa dari sisi psikologis, dampak penyalahgunaan narkoba bisa muncul Depresi, gangguan, cemas, panik, menjadi agresif, paranoia (rasa takut dan kecurigaan yang berlebihan), halusinasi.

“Tidak hanya itu, bahaya penyalahgunaan narkoba dalam jangka panjang juga bisa berdampak buruk pada daya ingat pelajar, kemampuan belajarnya, dan tingkat konsentrasinya. Meningkatkan risiko penyakit jantung,” sebutnya.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba, seperti kriminalitas, pencurian, dan kekerasan, dalam jangka panjang juga bisa meningkatkan risiko penyakit mematikan, misalnya penyakit jantung. Obat-obatan terlarang, seperti kokain dan metamfetamin, dapat merusak jantung dan pembuluh darah,

“Dampak penggunaan narkoba dengan cara dihisap dapat merusak sistem pernapasan, menyebabkan infeksi, hingga penyakit sistem pernapasan kronis.” tutup nya.(rbsp)