Jumat, 09 April 2021

UNU Lampung akan andil upaya konservasi Taman Nasional Way Kambas



WartaPramudya--Labuhan Ratu, Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung yang berada di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur siap andil melakukan upaya dan usaha-usaha konservasi / perlindungan hutan Taman Nasional Way Kambas  dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan yang ada di Provinsi Lampung.

Rektor UNU Lampung Dr Nasir mengemukakan UNU Lampung memiliki sejumlah fakultas dengan beberapa program studi-program studi yang siap menyumbangkan konsep konservasi hutan Taman Nasional Way Kambas.

"Kita akan kaji setelah pertemuan ini dalam rangka memberikan pemikiran dan pengembangan konservasi. Kita akan rekomendasikan pemikiran UNU Lampung ke pemerintah daerah dan provinsi," ujar Dr Nasir usai acara "Ngopi hutan konservasi" yang diselenggarakan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung bersama Balai Besar TN Bukit Barisan Selatan, Balai Taman Nasional Way Kambas serta para stakeholder dan mitra di Desa Labuhanratu VI Kecamatan Labuhanratu, Jumat (9/4/21) siang.

Nasir mencontohkan, konsep pembangunan mendukung konservasi di  Taman Nasional Way Kambas pada bidang pemberdayaan masyarakatnya yakni dengan digitilasi pemasaran produk UMKM masyarakat desa penyangga hutan.Selanjutnya, membangun sentra pemasaran UMKM nya.

"Saat ini era digitalisasi, perlu pemasaran digital, perlu dibuat juga sentra ekonomi. kalau orang mau lihat gajah ke Way Kambas, kalau mau belanja setelah lihat gajah, terus kemana ? Nah ini yang perlu dibentuk," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan "Ngopi Hutan Konservasi" bertujuan membangun komitmen para pihak untuk melestarikan hutan konservasi di Lampung sebagai habitat satwa liar langka dan dilindungi di Sumatera.(mksp)