Senin, 22 Februari 2021

Lansia butuh perhatian khusus



WartaPramudya--Jabung, Kebutuhan sosial bagi Lanjut Usia (Lansia) sangat mutlak diperlukan terutama dengan kerabat, sahabat, teman sebaya. 

Ketua Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Provinsi Lampung Sunarju Saeni mengatakan kebutuhan tersebut diperlukan bantuan orang lain untuk memenuhinya akibat penurunan kognitif. 

"Psikologis lansia juga tidak lupa diperhatikan, karena kondisi lansia ini rentan secara psikologis," ujar Sumarju Saeni melalui sambungan telepon selulernya senin (22-2-2021).

Sumarju melanjutkan, Lansia membutuhkan teman yang sabar, yang mengerti, dan juga dapat memahami kondisinya sebab dukungan keluarga menjadi peran utama dalam masalah ini. 

"Mengingat sebagian besar para lansia di Lampung tinggal bersama keluarga maka peran Karang Lansia Surya Bakti di Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur sangat penting khusunya dalam membantu kebutuhan sosial sekaligus kebutuhan psikologis mereka," tambahnya.



Sementara itu menurut Pembina Karang Lansia Surya Bakti Srikuncoro Wati mengatakan bahwa jumlah anggota Karang Lansia yang aktif mengikuti kegiatan secara rutin sebanyak 45 orang. 

"Upaya mengoptimalkan kwalitas hidup lansia agar tetap sehat saat pandemi COVID-19 yang telah dilakukan secara rutin seminggu sekali yakni pada hari Sabtu yakni dengan cara melatih fungsi fisik, mental, kognitif, maupun spiritual," ujar kuncoro.

Kegiatan tersebut antara lain melalui senam lansia, siraman rohani, ketrampilan sederhana dan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di berlangsung di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Surya Bakti, Jabung, Kabupaten Lampung Timur.

Sri Kuncoro menyampaikan juga bahwa dimasa pandemi ini, komunikasi serta kegiatan lansia tetap dilakukan walaupun dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Dengan harapan lansia tidak merasakan kesepian yang justru dapat berpengaruh pada kondisi psikologisnya seperti: stress, depresi, cemas, dan gangguan lainnya",Pungkasnya.