Sabtu, 20 Februari 2021

Cegah penyebaran Covid 19, desa Taman Asri jadi desa KTN




WartaPramudya--Lampung Timur, Desa Taman Asri di luncurkan menjadi Kampung Tangguh Nusantara(KTN)di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur,Sabtu (20/02/2021).

Adapun tim penilai dari Polres Lampung Timur di pimpin oleh Aiptu Edi Rohadi dan dihadiri oleh Camat Purbolinggo Akih Sunaryo, M.Si beserta staff, Kapolsek Purbolinggo AKP M. Samsari, SH dan anggota, Danramil Purbolinggo Kapten Caj. Rahmat beserta anggota dan Ka UPTD Puskesmas Purbolinggo H. Mulyono, S.St.

Akih Sunaryo selaku Camat Purbolinggo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara di Purbolinggo telah membentuk di 12 desa.

"Selain membentuk Kampung Tangguh Nusantara, kita juga membentuk Posko Pantau Kecamatan Purbolinggo serta selalu kami ingatkan guna mencegah penyebaran Covid-19 , kami juga melarang warga semenjak tanggal 01 Februari 2021 kemaren untuk tidak lagi mengadakan acara hajatan yang mengundang keramaian dan hanya di ijinkan mengadakan akad nikah saja. Selain itu, kami juga di back'up oleh Anggota Kodim dan Polres Lampung Timur melakukan operasi yustisi.

Sementara itu Lekat Dullah Adi selaku Kepala Desa (kades) mengatakan bahwa desa Taman Asri sebagaindesa yang siap menjadi desa KTN.

"Alhmdulillah kita bisa menunjukkan Desa Taman Asri sebagai desa yang siap menjadi desa KTN, dan perlu kita ketahui Desa Taman Asri merupakan pintu masuk Purbolinggo yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Batanghari Nuban".kata Kades Adi

"Kita awal ada covid telah membuat posko Covid supaya bisa memantau masyarakat yang dari zona merah dan agar bisa memberi tahu desa yang lain masuk ke Purbolinggo". Ujarnya

Masih kata Kades Adi, "Posko tersebut berakhir pada bulan November, setelah posko kita bubarkan barulah di wilayah Purbolinggo ada masyarakat yang terpapar covid-19".

"Selain itu kami juga telah menyiapkan rumah isolasi yang layak, kami lengkapai mesin semprot ,dan peralatan masak, vitamin dan lain lain".katanya lagi

Terkait kesehatan, Adi menambahkan bahwa pihkanya selalu mensosialisasikan ke masyarakat agar selalu mengikuti anuran protokol kesehatan,dan desa Taman Asri merupakan desa pertama yang melakukan penyemperotan di wilayah purbolinggo dan desanya juga menyiapkan tim satuan tugas guna melakukan pemakaman jasad covid-19 yang di pantau oleh Puskesmas, selain itu juga menyarankan ke masyarakat menyediakan tempat cuci  tangan di setiap rumah warga.

"Dari segi ekonomi, kami masyarakat desa Taman Asri mempunyai 36 kelompok budi daya ikan yang hasilnya mencapai 74 ton perpanen, selain itu juga ada budi daya sapi,ayam petelor dan persawahani Yang bisa mencapai 1800 ton per tahun,maka dari itu kita siapkan lumbung padi",tuturnya



Kemudian dari segi keamanan desa Taman Asri selalu mengadakan ronda malam dan pos sudah memenuhi standar Kapolri. Dari segi informasi menyiapkan posko agar masyarakat lebih mudah mendapatkan inpormasi.

Dari segi pendidikan,karena di masa pendemi siswa melakukan pembelajaran secara daring dari rumah,sehingga siswa TK dan sekolah dasar sulit untuk belajar bahkan ada siswa kelas 3 SD belum bisa membaca, maka dari itu kami selaku pemerintah desa meyiapkan tempat bimbel untuk TK dan SD semingu 2 kali. Selain itu  juga menyediakan Perpustakaan Desa.

Dari segi bencana desa Taman Asri telah membentuk tim, karna beberapa waktu yang lalu desa Taman Asri terkena bencana,

"Ini semua telah kami bentuk jauh sebelum adanya pembentukan Kampung Tangguh Nusantara ,dan semua yang telah di paparkan di atas akan kita serahkan secara simbolis kepada ketua tim penilai dari Polres Lampung Timur, Sekali lagi saya tegaskan desa taman asri siap menjadi Kampung Tangguh Nusantara". Tutupnya

Sementara itu Aiptu Edi Rohadi mewakili ketua tim penilai dari Polres Lamtim yang berhalangan hadir, menyampaikan bahwa dirinya bersama tim penilai siap turun ke titik-titik yang telah ditentukan.

"Sesuai dengan pemaparan Bapak Camat dari 12 desa sudah siap untuk pembentukan KTN, dan setelah ini kami akan turun ke titik titik yang telah di paparkan,dan semoga desa Taman Asri menjadi contoh dari desa lain".kata Edi Rohadi

"Tujuan utama KTN guna mencegah penyebaran Covid-19".pungkasnya

Pada kesempatan tersebut dilakukan pemukulan gong sebagai tanda lounchingnya Desa Taman Asri sebagai Desa Tangguh Nusantara oleh Kapolsek Purbolinggo serta pemotongan pita tanda lounching Kampung Tangguh Nusantara yang wakili oleh Camat Purbolinggo.

Untuk diketahui, Acara lounching desa Taman Asri menjadi desa  KTN berjalan lancar dan tetap mematuhi anjuran protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Covid -19.(**)