Selasa, 12 Januari 2021

Zona merah Covid 19, Lamtim perketat pengawasan kegiatan ditengah masyarakat



WartaPramudya--Sukadana, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar Rapat dalam rangka semakin meningkatnya kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Kabupaten setempat yang saat ini menjadi Zona Merah.

Rapat yang berlangsung di Aula Utama Pemkab Lampung Timur dipimpin Bupati Zaiful Bokhari, selasa (12-1-2020).

Bupati Zaiful Bokhari mengatakan peningkatan kasus Covid-19 di Lampung Timur diprediksi terjadi karena banyak kegiatan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Didesa-desa harus menyiapkan kembali rumah isolasi dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang terus meningkat diseluruh wilayah di Kabupaten Lampung Timur," ujar Zaiful.

Zaiful mengharapkan kepada para camat sampai kepala desa untuk lebih ketat dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan ditengah masyarakat.

"Seluruh lapisan tingkat bawah harus dilakukan pengawasan secara ketat seperti Hajatan, kegiatan keagamaan dan sebagai masih diperbolehkan tapi harus menggunakan protkes, kalau tidak harus dilakukan tindakan tegas," harapnya.

Kapolres Lampung Timur  AKBP Wawan Setiawan mengatakan saat ini masih ada masyarakat yang belum percaya kalau ada covid-19 dan menyebabkan tidak patuhnya masyarakat terhadap protokol kesehatan.

"Prokes sangat penting, Operasi Yustisi terus dilaksanakan jajaran Polri dan TNI dengan sasaran masyarakat yang tidak patuh dengan protokol kesehatan seperti tidam menggunakan masker dan sebagainya," kata AKBP Wawan.

Hal senada juga disampaikan Kasdim 0429 Lamtim Mayor Kav Joko Subroto. menurutnya, karena saat ini Lampung Timur sudah masuk Zona Merah artinya kedepan semua pihak harus bekerja lebih keras lagi dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini. 

"Penerapan perbup ini nantinya jika ada yang melanggar harus ada sanksi sosial maupun sanksi administrasi, sehingga ada efek jera bagi masyarakat, dan tentunya sosialisasi harua lebih ditingkatkan lagi," kata Kasdim.

Dari hasil rapat tersebut dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, Perlu pendataan disetiap desa, baik warga yang masuk ke wilayah tersebut ataupun warga yang baru pulang dari daerah-daerah zona merah.

Semoga kedepan Covid-19 di Lampung Timur menurun dan kegiatan dimasyarakat dapat berjalan normal sebagaimana mestinya.(arifahri)