Selasa, 23 Juni 2020

Kodim 0429/Lamtim Gelar Latihan Posko I TA 2020


WartaPramudya--Lampung Timur, Latihan  Posko I Tahun 2020 yang di gelar oleh Kodim 0429/Lamtim mengambil tema "Kodim 0429/Lamtim melaksanakan tugas bantuan kepada Polres Lampung Timur dalam rangka membantu penanganan terjadinya konflik sosial di wilayah", Selasa (23/6/2020).

Latihan yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komamdan dan Staf dalam rangka operasi pemebrian bantuan khususnya kepada Polres Lampung Timur ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Tanggal 23-25 Juni 2020.

Latihan Gladi Posko I dibuka langsung oleh Ws Kasrem Letkol Inf. Sahnun mewakili Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Toto Jumariono.S.S., M.I.Kom yang dihadiri oleh Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis, Kasdim, seluruh peserta gladi posko.

Amanat Danrem yang dibacakan Ws Kasrem menyampaikan, "Latihan posko di laksanakan ini merupakan metoda Latihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam rangka operasi pemberian bantuan kepada Polres Lampung Timur, dengan demikian dalam latihan ini akan di elaborasi aspek Komando dan pengendalian serta prosedur bantuan administrasi sebagai bagian dari kinerja satuan yang lebih besar, yang terkait dengan aspek pembinaan ketahanan wilayah."

"Keberhasilan latihan ini harus dapat di ukur memlalui parameter yang telah di tentukan dalam sasaran yang ingin di capai diantaranya, mampu melaksanakan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku, mampu melaksanakan komando dan pengendalian dalam suatu operasi bantuan kepada Polri khusunya Polres Lampung Timur, mampu melaksanakan koordinasi dan membangun sinergis dengan dengan instansi terkait guna mengatasi berbagai gejolak yang timbul sebagai akibat situasi sosial yang terjadi di wilayah Kodim 0429/Lamtim, mampu menyiapkan dan mengaplikasikan rencana operasi dan perotap satuan dalam penanganan konflik sosial."

"Mengingat waktu pelaksanaan latihan Posko yang relatif singkat agar para peserta latihan dapat melaksanakan dengan penuh kesungguhan hati, disiplin dan serius sehingga diperoleh hasil yang maksimal." Pungkas Letkol Inf. Sahnun.

Disela-sela latihan Posko Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis mengatakan bahwa “Gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi bantuan kepada Polres Lampung Timur dalam rangka membantu penanganan terjadinya konflik sosial di wilayah Kabupaten Lampung Timur dampak dari Covid-19," Terangnya.

Latihan posko yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19  tetap sesuai dengan prosedur protokol kesehatan seperti menggunakan masker,jaga jarak dan disiapkan tempat cuci tangan.(tm/spo)