Selasa, 24 Maret 2020

Dandim 0429/Lamtim :"Ini tugas kita bersama, karena virus ini sangat masif penyebaranya yang tiap hari terus bertambah"


WartaPramudya--SUKADANA, Komandan Kodim (DANDIM) 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lampung Timur, di Aula Tri Brata Polres Lampung Timur, Selasa (24/03/2020).

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lamtim AKBP. Wawan Setiawan, S.IK ini adalah dalam rangka menyikapi kegiatan keagamaan di wilayah Kabupaten Lampung Timur selama status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Virus Corona (Covid-19) di Indonesia.

Dalam sambutanya Kapolres Lampung Timur, AKBP Wawan Setiawan, S.IK mengatakan,"mengingat situasi wilayah Lamtim yang beraneka ragam Agama, Suku dan Budaya untuk itu perlu kita menyamakan persepsi melalui Rakor ini mengingat status kita saat ini siaga bencana Virus Covid-19."

"Mari kita samakan suara guna menyikapi apa yang menjadi himbauan yang merupakan kebijakan pemerintah, sehingga setelah selesai kegiatan Rakor hari ini perwakilan yang hadir bisa menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat yang berada di Kabupaten Lampung Timur, sehingga dengan kita taati bersama mudah-mudahan darurat bencana di wilayah kita Umumnya Indonesia segera usai," Pungkas Kaolres.

Ditempat yang sama Dandim 0429/Lamtim Letkol Kav. Muhammad Darwis menyampaikan, "Ini tugas kita bersama, karena virus ini sangat masif penyebaranya yang tiap hari terus bertambah, oleh karena itu perlu penjelasan khusus kepada warga masyarakat, saya yakin dan percaya jika tokoh yang menjelaskan kepada masyarakat akan lebih respon dan cepat paham." Tandasnya.

Sementara Wakil Ketua FKUB Kabupaten Lampung Timur menambahkan, "perlu diketahui bahwa kami dari FKUB telah membuat surat edaran intruksi dari Presiden, MUI, NU dan Kapolri untuk tidak melaksanakan pengajian akbar dan membatasi kegiatan yang mengumpulkan jumlah masa yang banyak, yang kesemuanya dari himbauan tersebut sudah ada dasar-dasarnya, mari sama-sama kita berdo'a mudah-mudahan darurat bencana wabah virus corona yang ada di Indonesia segera berakhir." Ujar Zaini.

"Tolong bantu sampaikan kepada warga agar tidak panik bahwa batuk demam, pilek sesak nafas belum tentu terjangkit virus corona oleh karena itu segera bawa saja ke rumah sakit biar di cek, maka dari itu diperlukan sinergi dan kolaborasi untuk kebaikan guna antisipasi virus covid-19 ini," Imbuh Kadis Kesehatan Dr. Nanang Salman Saleh, Sp.B.

Acara dilanjutkan saran dan masukan serta dialog oleh semua perwakilan yang hadir dalam Rakor bersama FKUB Lampung Timur tersebut serta dikahiri dengan pembuatan video pernyataan hasil rakor bersama.

Hadir juga dalam Rakor bersama FKUB, Kaban KesbangPol, FKUB Lamtim, Ketua NU Lamtim, Ketua Muhamadyah Lamtim, Ketua FKUK Lamtim, Ketua Faroki Lamtim, Ketua MBI Lamtim, Ketua PHDI Lamtim, Ketua Pokdar Lamtim, Kadis Kesehatan, Kaban Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim dan Kakemenag Lamtim.(tm/spo)