Rabu, 09 Oktober 2019

Pemkab Lamtim gelar Festival Pangan Lokal B2SA



Warta Pramudya-- Bertempat di Gedung Pusiban Kabupaten Lampung Timur, Putri Ernawati Zaiful Bokhari selaku Ketua TP. PKK Kabupaten Lampung Timur menghadiri Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Lampung Timur, Rabu (09/10/2019).

Hadir dalam acara tersebut, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Nur Syamsu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, M. Yusuf HR, Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Lampung Timur, Mart Aziz, Kepala Bagian Hukum Setdakab Lampung Timur, I Ketut Budiase, Camat dan Peserta Lomba TP. PKK Kecamatan Se-Kabupaten Lampung Timur.

Adapun beberapa Tim Penilai yakni dari Unila Fakultas Agribisnis, Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Sahara Cake and Bakre, Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Timur.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Lampung Timur, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, Nur Syamsu menyampaikan Kegiatan Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) ini diharapkan akan menggugah kesadaran keluarga untuk meningkatkan nilai gizi dengan memanfaatkan potensi pangan lokal sekitar kita, dengan menciptakan menu-menu pangan alternatif bagi keluarga.

"Saya berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta Festival khususnya, serta memberikan manfaat bagi seluruh keluarga di Kabupaten Lampung Timur".

Tak lupa dalam kesempatan tersebut Nur Syamsu berpesan kepada semua peserta, agar bersungguh-sungguh dalam berlomba, keluarkan semua kemampuan yang ada, dan jadilah yang terbaik.  Sedangkan kepada Tim Penilai, saya berharap agar melakukan penilaian dengan jujur, obyektif dan tidak memihak.

"Saya berpesan kepada semua peserta jadilah yang terbaik, dan keluarkan kemampuan yang ada".pintanya

Diketahui untuk kategori Lunch Box, juara pertama diraih oleh kecamatan Labuhan Ratu dengan skor 81,4, juara kedua diraih oleh kecamatan Raman Utara dengan skor 79,6, dan juara ketiga diraih oleh kecamatan Sukadana dengan skor 78,5.


Untuk kategori Pangan Lokal, juara pertama diraih oleh kecamatan Jabung dengan Produk Cantique, juara kedua diraih oleh kecamatan Marga Tiga dengan produk Nasya, dan juara ketiga diraih oleh kecamatan Melinting dengan produk dodol singkol, dan juara favorit diraih oleh kecamatan Bandar Sribhawono.

Diketahui bersama bahwa Ketahanan Pangan merupakan suatu program yang digulirkan oleh pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan. Sementara untuk memenuhi standar tingkat konsumsi masyarakat tidaklah perlu dengan jenis pangan yang mahal, tetapi jenis pangan keluarga dapat terpenuhi dengan memanfaatkan potensi pangan sekitar kita.
(Hms/spo))