Minggu, 15 September 2019

Destinasi Digital Pasar Wedana Sukadana Gelar Manjau Debingi


Warta Pramudya -- Destinasi Digital Pasar Wedana kembali menyelenggarakan kegiatan kebudayaan, kali ini destinasi yang terletak dibekas pasar baru sukadana tersebut mengadakan kegiatan Manjau Debingi. Sabtu (14-9-2019) malam.

Ketua Destinasi Digital Pasar Wedana Asril Milyon mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan guna menumbuhkan kecintaan budaya kepada para generasi muda serta mempromosikan Distinasi digital pasar wedana.

"Destinasi digital pasar Wedana Sukadana ini mempunyai potensi wisata yang cukup baik untuk dikembangkan seperti halnya destinasi wisata pada umumnya, serta pengembangan destinasi ini diharapkan akan meningkatkan perekonomian khususnya peningkatan kesejahteraan masyarakat di desa Pasar Sukadana," kata Asril.

Asril menambahkan kegiatan manjau debingi ini merupakan salah satu wujud nyata untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Timur untuk terus mempromosikan pariwisata dan mengangkat kearifan budaya lokal serta untuk memasyarakatkan sekaligus melestarikan Khasanah seni dan budaya tradisi Lampung.

Dia juga mengatakan kegiatan manjau debingi pasar wedana dikemas dalam bentuk perlombaan yaitu lomba gitar klasik Lampung serta lomba pantun setimbalan.

"Kami juga ingin mengajak para pemuda dikabupaten Lampung Timur untuk mempunyai sifat kecintaan terhadap budaya sendiri dan mau untuk bersama-sama melestarikan budaya tersebut sebagai bentuk identitas dan jati diri kita," harap Asril.

Kegiatan yang mengambil tema "harmoni dalam seni dan budaya Lampung" tersebut diikuti oleh 30 group dari Lampung Timur, Lampung Tengah dan Way Kanan yang terdiri dari para pelajar, komunitas seni musik, masyarakat umum dan para pemuda serta sanggar-sanggar seni.

Acara tersebut dilaksanakan dalam tiga tahap pertama hari Sabtu tanggal 14 September 2019 seperti yang dilaksanakan tadi malam itu adalah babak penyisihan pertama, lalu tanggal 21 September 2019 babak pengisian kedua dan tanggal 28 September 2019 yaitu final penentuan untuk juara dari lomba gitar klasik Lampung serta lomba pantun setimbalan.(arifahri)