Selasa, 02 Juli 2019

Kwarcab Lamtim Gelar Rapat Kerja Cabang 2019


Warta Pramudya --Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Lampung Timur menggelar rapat kerja cabang (Rakercab) di Gedung Pusiban Kompelk Pemda setempat, selasa (2-7-2019).

Ketua majelis pembimbing cabang (Kamabicab) gerakan pramuka Lampung Timur Zaiful Bokhari saat membuka acara Rapat kerja cabang dan sidang paripurna cabang tahun 2019 mengatakan perkembangan zaman dewasa ini, membuat kemajuan teknologi canggih, komunikasi dan Iiberalisasi ekonomi yang tidak mengenal batas negara. Sehingga hal ini baik Iangsung atau tidak Iangsung pasti membawa dampak positif dan negatif.

"Dampak positif dan negatif dari peningkatan kemajuan tersebut merupakan tantangan bagi para pembina pramuka untuk menunjukkan perannya dalam usaha membina generasi mempersiapkan masa depan yang cemerlang," ujarnya.

Zaiful menambahkan di era reformasi dan globalisasi sekarang ini pramuka sebagai pendidikan pemuda diharapkan mempunyai eksistensi dan kemampuan untuk mengembangkan diri dan mengadopsi perkembangan zaman serta mampu melakukan koordinasi dengan lembaga-Iembaga lain untuk bersama-sama berperan aktif dalam membawa generasi muda ke arah kemajuan diberbagai bidang.

"Sebagai organisasi yang bergerak dibidang generasi muda, kewaspadaan terhadap berbagai ancaman yang dapat merongrong negara kesatuan Republik Indonesia adalah merupakan hal yang wajib dan tidak dapat ditawar lagi," tambahnya

Dia juga meminta kwarcab Lampung Timur dapat mensikapi tentang kewaspadaan dimaksud dengan menanamkan sikap patriotisme dan nasionalisme nyata yang dilakukan melalui pembinaan.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung Idrus Efendi mengatakan gerakan pramuka sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat untuk membentuk kaum muda yang memiliki kepribadian yang baik.

"Sebagai insan pramuka kita harus banyak membantu kegiatan-kegiatan yang ada ditengah-tengah masyarakat serta membantu program pemerintah untuk kemajuan Lampung Timur yang lebih baik," ujarnya.

Idrus juga mengatakan gerakan pramuka Lampung Timur sangat baik terbukti banyak kader pramuka dari Lampung Timur yang ikut kegiatan kepramukaan di Luar negri.

"Kedepan semoga Kwarcab Lampung lebih baik lagi sehingga prestasinya dapat terus meningkatkan," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan untuk peserta jambore Thailand, penghargaan 24 kwarran serta penghargaan untuk Saka dan Sako gerakan Pramuka Lampung Timur.(fahri)