Rabu, 16 Januari 2019

Wabup Lamtim bantu korban puting beliung

Warta Pramudya -- Wakil Bupati Lampung Timur didampingi komandan Kodim 0429 Lampung Timur beserta rombongan meninjau langsung Lokasi bencana angin puting beliung di Desa karya tani Kecamatan Labuhan maringgai, rabu (16-1-2019).

Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan atas nama Pemerintah Kabupaten Lampung Timur prihatin atas terjadinya musibah ini karena ini kan musibah yang tidak diduga karena saat ini memang cuaca kita kan sedang ekstrim.

"Pertama kita mengimbau kepada seluruh warga masyarakat kita saudara kita yang berada di pesisir pantai agar bisa mewaspadai dan diminta untuk berhati-hati karena cuaca ini kan masih tidak menentu," ujar Zaiful.

Zaiful menambahkan selain memberikan bantuan sembako dan lain sebagainya hari ini kita juga mendata berapa rumah yang rusak akibat bencana puting beliung ini.

"Kita sudah berkoordinasi dengan jajaran terkait termasuk dengan Kecamatan agar mendata Berapa jumlah kerugian dan berapa jumlah rumah yang rusak akibat bencana ini.

"Masyarakat kita disini mengharapkan agar tempat tinggal para korban bisa dibantu untuk diperbaiki memang sudah ada beberapa bantuan yang masuk berupa asbes dan sebagainya namun masih diharapkan kepada BPD dan Dinas Sosial nanti berkoordinasi dengan Camat dan kepala desa untuk bisa melakukan pendataan secara faktual," kata zaiful.

Untuk diketahui total kerugian akibat bencana puting beliung di Dusun VII Margoagung Desa Karyatani Kecamatan Labuhanmaringgai Lampung Timur yang terjadi pada senin (14/1) lalu mencapai Rp500 juta. Total kerugian itu didasarkan hasil pendataan tim dari Kecamatan Labuhanmaringgai, Dinas Sosial dan BPBD Lamtim.

Dari hasil pendataan bencana tersebut mengakibatkan 22 rumah mengalami kerusakan. Dari jumlah tersebut 2 rumah dan 2 gubug mengalami kerusakan berat. Sementara 18 rumah lainnya rusak ringan. Rumah yang mengalami kerusakan berat, masing-masing milik Dwi Suryono dan Sriyani. Sedangkan, gubug yang roboh semuanya milik Sunowo.(AF)