Rabu, 12 Desember 2018

Kodim 0429 Lampung Timur Menjadi Ujung Tombak TNI Angkatan Darat di Lampung Timur

Panglima Komando Daerah Militer ( PANGDAM ) II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan meresmikan Kodim 0429 Lampung Timur, rabu ( 12/12 ).

Pangdam ll Sriwijaya Mayjen TNI Irwan mengatakan berdirinya Kodim 0429 Lamtim ini bisa menjadi ujung tombak pelaksanaan tugas TNI Angkatan Darat di wilayah Kabupaten Lampung Timur ini.

"Perkembangan lingkungan strategis dengan kemungkinan ancaman aktual maupun potensial terhadap kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia maka TNI Angkatan Darat selaku alat pertahanan memandang perlu bahwa eksistensi komando kewilayahan masih sangat relevan dan dibutuhkan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas TNI Angkatan Darat," Ujar Irwan.

Mayjen TNI Irwan menambahkan TNI maupun Polri sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung oleh karenanya misi yang diemban oleh TNI salah satunya adalah bersama-sama dengan pemerintah daerah melaksanakan pembangunan nasional di semua aspek kehidupan dan keberhasilan pembangunan yang tentunya sangat dipengaruhi oleh kondisi wilayah yang aman serta tentram.


Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa luas wilayah Kabupaten Lampung Timur lebih kurang 5325,03 km2 dengan wilayah yang begitu luas dan segenap dinamika kehidupan masyarakat tentunya menjadi tantangan bagi kodim 0429 Lampung Timur Dalam melaksanakan pembinaan teritorial di wilayah ini.


Irwan juga mengatakan dengan telah diresmikan kodim 0429 Lampung Timur ini ke depan saya yakin para prajurit Kodam ll Sriwijaya khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Lampung Timur akan semakin fokus dan optimal menjalankan tugas-tugasnya dalam rangka pemberdayaan wilayah darat yang sekaligus dapat meringankan kesulitan rakyat di sekelilingnya.

"Pemekaran satuan Kodim 0429 Lampung Timur ini sangat berguna untuk efisiensi rentang komando dan kendali sekaligus meningkatkan kesiapan operasional satuan TNI Angkatan Darat dalam merespon setiap kemungkinan terjadinya dinamika di wilayah kalian.

Dia mengatakan Sebagai satuan yang baru terbentuk tentunya tidak menutup kemungkinan akan menghadapi berbagai hambatan dan kendala maupun materil dan saya berharap hal ini tidak dijadikan alasan untuk tidak melaksanakan tugas secara optimal sebaliknya rupa hambatan dan kendala itu menjadi sebuah peluang dan Tantangan untuk melakukan inovasi dalam mengembangkan kreativitas sehingga tugas - tugas kewilayahan dapat dilaksanakan dengan optimal.

"Laksanakan pembinaan satuan dan teritorial secara intensif guna mewujudkan kondisi satuan yang profesional yang sekaligus mampu mendukung tugas-tugas pemerintah daerah cermati setiap perkembangan situasi dan lakukan langkah-langkah pemetaan serta antisipasi terhadap potensi timbulnya konflik dengan tetap Sinergi bersama unsur-unsur Polri atau instansi terkait," tutup Irwan. (AF)

Editor : Suprapto