Rabu, 20 September 2017

Pandangan Politik Menurut , Chusnunia Chalim

BANDAR LAMPUNG(PBO)-, Dunia politik bagi pandangan sebagaian besar orang adalah dunia yang keras, penuh intrik dan saling sikut menyikut sehingga amat diidentikan sebagai dunianya kaum laki laki. Namun hal itu tidak berlaku bagi seorang Chusnunia Chalim, Bupati Lampung Timur yang juga merupakan seorang politikus perempuan asal Desa Karang Anom, Kecamatan Waway Karya Kabupaten Lampunng Timur.

Baginya berpolitik itu sama seperti bidang bidang yang lain, “ini hanya soal berjejaring, soal berkomunikasi dengan pihak lain, berkomunikasi dengan publik dan sebagainya,” ungkap Chusnunia saat menjadi narasumber tunggal pada Kuliah Umum di STKIP PGRI Bandar Lampung pada Senin 18 September 2017 lalu.

Dalam acara yang mengusung tema “Peran Wanita Dalam Membangun Bangsa” tersebut Chusnunia berpandangan bahwa untuk membangun bangsa bukan zamannya lagi memisahkan peran antara perempuan dan laki laki.

“Untuk membangun bangsa ini bukan masanya lagi saling mengkotak kotakkan antara perempuan dan laki laki. Namun, yang terpenting adalah dapat melakukan sesuai kompetensi masing-masing, karena setiap orang punya perannya masing masing,” tutur Chusnunia di depan sekitar lima ratusan mahasiswa STKIP PGRI Bandar Lampung.

Lebih lanjut dikatakan oleh bupati perempuan pertama di Provinsi Lampung itu, bahwa untuk melakukan hal hal yang bisa dilakukan laki laki, kaum perempuan tidak mesti harus bergaya seperti laki laki.

“Didunia politikpun saya tidak berubah, tetap menjadi perempuan yang santun. Jadi tantangannya sebagai perempuan dengan stereotip lemah, tidak mampu dan sebagainya, saya jawab dengan cara kita bekerja secara smart,” tambahnya.

Pada kesempatan yang juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan STKIP PGRI Bandar Lampung, Dra. Hj. Siti Suratini Zain dan Ketua STKIP PGRI Bandar Bandar Lampung, Dr. Wayan Satria Jaya, M.Si., tersebut, Chusnunia juga menekankan akan arti pentingnya untuk selalu berbuat kebaikan.

“Bila ada kesalahan segeralah kembali kepada kebaikan. Dimana kita berlaku baik, berniat baik dan setia kepada kebaikan, yakinlah alam raya ini akan menyediakan kebaikan untuk kita,” cetus Chusnunia.(Hr)